Kamis, 30 April 2015

Sifat Fisik dan Penambangan Emas


Sifat fisik emas adalah logam yang tidak aktif, tidak bereaksi dengan air dan banyak pelarut lainnya. Memiliki titik leleh 1064° C dan titik didih 2808° C, menjadikan emas walaupun sebagai logam lunak namun tahan akan panas. Emas adalah penghantar panas dan kelistrikan yang baik. Rapat massa mencapai 19,3 gram/sentimeter kubik, dengan berat atomic 196,97.
Emas merupakan salah satu logam lunak dengan skala kekerasan 2,5 – 3 Mohs, rapat massa mencapai 19,3 gram/sentimeter kubik, dengan berat atomic 196,97. Memiliki warna kuning gelap dengan ikatan atomic yang tidak terstruktur, dapat membedakan antara emas dengan galena (memiliki warna sama tapi bentuk Kristal berbeda).

Penambangan
Sistem penambangan dapat dilakukan melalui tambang tertutup atau tambang terbuka. Pemilihan pendekatan penambangan, mempertimbangkan model geologi mineralisasi emas dan teknik yang ekonomis dalam mendapatkannya. Sistem tambang terbuka pada mineralisasi porfiri, diantaranya terdapat ditambang emas dan tembaga Grasberg, Tembagapura, Papua seperti diperlihatkan pada Gambar di bawah ini

Untuk mineralisasi berupa veins/urat , dilakukan penambangan tertutup membuat terowongan menuju alur urat. Visualisasi penambangan diperlihatkan pada gambar di bawah ini.








Logam emas telah lama dimanfaatkan manusia baik sebagai alat perhiasan dan alat transaksi internasional. Keunggulan logam emas adalah tahan akan korosi, dan mudah ditempa untuk dibentuk dibandingkan logam lainnya, selain tampilan warna yang lebih indah. Beberapa kelebihan tersebut menjadikan logam ini telah bernilai tinggi sejak dahulu.
Emas juga digunakan sebagai standar fundamen ekonomi suatu bangsa, alat tukar yang stabil, dan dasar transaksi keuangan internasional. Semakin tinggi cadangan emas suatu Negara, mencerminkan kekuatan perekonomiaannya. Dibidang medis, radio isotop emas dimanfaatkan untuk penelitian biologi dan terapi kanker. Sedangkan sifat konduktif dari emas, terdapat komponen elektronika tertentu menggunakan bahan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar