Sabtu, 25 April 2015

Uranium dan Endapan



 -Uranium merupakan  benda logam kelabu  berwarna keperakan warna putih, namun ternyata berubah atau teroksidasi menjadi hitam ketika terpapar dengan atmosfer atau udara, Dalam tabel periodik Uranium memiliki lambang U bernomor proton 92. Uranium memiliki 92 proton dan 92 elektron. Inti uranium mengikat sebanyak 141 sampai dengan 146 neutron. sehingga terdapat enam isotop uranium. Isotop yang paling umum adalah uranium-238 ( 146 neutron) dan uranium-235 (143 neutron). Semua isotop uranium tidak stabil dan bersifat radioaktif lemah. pada awalnya uranium digunakan untuk mewarnai sutra dan porselen kapal. Sinar radioaktif yang keluar dari inti Uranium sangat berguna. Sinar ini digunakan dalam pertanian, industri, biologi dan penelitian medis. Penggunaan lain Uranium adalah di bidang energi nuklir. Pada tahun 1938 proses fisi nuklir ditemukan Fisi nuklir adalah proses di mana inti atom Uranium-235 dibagi menjadi dua bagian oleh penembakan neutron, maka energi yang luar biasa yang dihasilkan. Bom-bom atom dibuat melalui proses ini yang kemudian pada tahun 1945 yang digunakan Amerika dan sekutu untuk melawan Jepang pada Perang Dunia II.
Endapan Uranium
IAEA mengklasifikasikan sumber daya uranium berdasarkan pengaturan geologi sesuai dengan gaya dari mineralisasi. Ini diatur sesuai dengan makna ekonomi perkiraan uranium:
·           Ketidakselarasan Endapan terkait.
·           Endapan pasir.
·           Endapan kompleks hematit breksi.
·           Endapan konglomerat kuarsa-kerikil.
·           Endapan Vein.
·           Endapan Intrusive.
·           Endapan vulkanik dan-kaldera terkait.
·           Endapan Metasomatite.
·           Endapan surficial.
·           Runtuhnya Endapan pipa breksi.
·           Endapan fosfotit.
·           Jenis lain dari Endapan.
·           Jenis batuan dengan kandungan uranium.
Untuk endapan thorium ditemukan di beberapa negara di seluruh dunia. Cadangan thorium terbesar ditemukan di Australia, Brazil, India, Norwegia, Turki, dan Venezuela. Red Books 2009 memperkiraan sumber daya thorium adalah 2.229.000 t Th dan disepakati estimasi komoditas dengan US Geological Survey Mineral 2007. lingkungan geologi yang paling penting di mana thorium diperkaya meliputi:
·           Carbonat.
·           Placers.
·           Batu Granit.
·           Kompleks Alkaline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar